

Penelitian ini bertujuan untuk Merancang sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menggunakan data berupa Mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan metode perhitungan SAW.Hasil Penelitan membuat Dosen dapat terbantu menetapkan Mahasiswa yang dipilih adalah Mahasiswa yang terbaik dalam kemampuannya dan memiliki keterampilan terhadap keyakinannya. Maka untuk menilai dan menentukan beberapa mahasiswa yang memiliki keyakinan diri akan kemampuannya diperlukan Penelitian untuk menghasilkan alternatif pada mahasiswa yang memiliki nilai tertinggi dan memilih teratas dari penilaian tersebut. Setiap mahasiswa masing-masing mempunyai kualitas diri berdasarkan kepercayaan diri akan kemampuan dan Keterampilan yang dimiliki. Sehingga mereka tidak membuat jawaban atas keyakinan diri dan kemampuan menyelesaikan permasalahan sendiri. Zaman Sekarang ini, mahasiswa dibekali dengan bantuan teknologi dan mengerjakan cara instan sehingga tidak mempertimbangkan aspek kemampuan dasar sehingga mereka melakukan tindakan yang tidak boleh dilakukan, seperti mencari Jawaban dengan teman lain. Sumbangan yang diberikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah secara simultan sebesar 71,5%, efikasi diri peserta didik sebesar 61,8%, dan kemampuan memecahkan masalah sebesar 43,3%.ĭi Perguruan tinggi, tersebar ratusan mahasiswa, termasuk di dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Manova dan Paired Sample T-Test.


Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal uraian kemampuan memecahkan masalah dan non tes yaitu angket efikasi diri. Sejumlah 70 peserta didik kelas XI ditentukan sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari atas dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran pendekatan saintifik.
